Juli 09

Peringatan Hari Lahir Pancasila

Diposting Oleh smktigap4ti | Kategori Pendidikan

Bertepatan dengan tanggal 1 juni yang ditetapkan sebagai hari “Lahir Pancasila”, lahirmya pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh presiden Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK. Dan sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari "Lahirnya Pancasila".

Berikut adalah contoh teks Pancasila yang sempat dibacakan oleh Presiden Soekarno kala itu.”Bila kita pelajari dan selidiki sungguh-sungguh “Lahirnya Pancasila” ini, akan ternyata bahwa ini adalah suatu Demokratisch Beginsel, suatu Beginsel yang menjadi dasar Negara kita, yang menjadi Rechtsideologie Negara kita; suatu Beginsel yang telah meresap dan berurat-berakar dalam jiwa Bung Karno, dan yang telah keluar dari jiwanya secara spontan, meskipun sidang ada dibawah penilikan yang keras dari Pemerintah Balatentara Jepang. Memang jiwa yang berhasrat merdeka, tak mungkin dikekang-kekang! Selama Fascisme Jepang berkuasa dinegeri kita, Demokratisch Idee tersebut tak pernah dilepaskan oleh Bung Karno, selalu dipegangnya teguh-teguh dan senantiasa dicarikannya jalan untuk mewujudkannya. Mudah-mudahan ”Lahirnya Pancasila” ini dapat dijadikan pedoman oleh nusa dan bangsa kita seluruhnya dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan Kemerdekaan Negara.”

Sebagai warga negara yang baik, dan sebagai pemuda Indonesia yang menghargai negaranya maka dari itu mengenalkan hari pancasila setiap tahunnya adalah suatu bentuk warganegara yang mampu menghargai Negara. Siswa SMK Negara 3 patipun ikut serta memperingati hari lahirnya pancasila yang dilaksanakan secara hikmat. Dilaksanakan pada lapangan upacara SMK Negara 3 Pati pagi itu. Peserta dari upaca tersebut adalah siswa kelas X yang di pimpin oleh ibu Indriati Hapsari, S.Pd. serta petugas upacara pelaksanaan di pimpin oleh seluruh angota OSIS SMK Negeri 3 Pati. Harapan Bapak Ibu guru ketika pelaksanaan upacara adalah menumbuhkan jiwa pancasila muda semua siswa SMK Negeri 3 pati.

      Bookmark and Share